Friday, November 14, 2008

Pagi-pagi saya sudah digrecokin ama expats tidak beres. Gini ceritanya, di apartemen saya banyak tinggal expats coklat alias dari negara2 asia tenggara. Yasalam...mereka ini sombongnya bener2 bikin muntaber. Kalau lagi dalam kelompok interen mereka sibuk berbahasa hutan bangsa sendiri...tapi begitu udah banyak orang lain ngumpul..mulai deh sok boso inggris (yang sayangnya masih diwarnai dengan logat hutan asal mereka...)
Terus kalau dah sok ber-inggris ria gitu (hayah...) pasti bakal mulai mengintimidasi orang2 yang gak terlalu lancar ngomong inggris (mis: penjaga toko, cleaning service, etc).

Tadi pagi kejadian seperti itu terulang lagi. Ada segerombolan wanita expats dengan ributnya mo beli roti di satu toko deket lobi apartemen. Saya juga kebetulan lagi ada di toko itu gara2 mo beli minuman. Dengan suara cempreng satu cewek nanya ke ibu penjaga toko, "do you have the sauce?" Terus karena ibu itu belum terlalu ngeh..cewek itu ngulang lagi pertanyaannya dengan suara digedein dan dilambatin temponya kayak lagi ngomong ama orang cacat mental. Terus dia ngomong ke temennya kalo si ibu gak ngerti2.

Saya liat wajah ibu penjaga toko dah mulai merah gara2 bingung bercampur malu...so sebagai orang indonesia yang berbela rasa dengan sesama orang indonesia langsung aja deh saya terjemahin pertanyaan itu ke si ibu. Begitu si ibu balik nyari saus yang dicari, saya juga langsung pasang muka jutek ke si expat en bilang..."she can't understand you because she can't speak english...you have to learn to speak bahasa indonesia to her."

Wajah si cewek expat belagu itu langsung kaget en sedikit pucat (ehem.. muka saya kalo lagi jutek memang bisa jadi sangat sangar heheheh...) Abis gayanya itu lho yang bikin senep. Emang dia pikir cuma dia gitu yang bisa ngomong inggris? Emang kalo orang gak bisa ngomong inggris trus bisa diperlakukan dengan kurang sopan?

Wehehehehehehe...pulang aja lu orang pada. Gak ngaruh banget.

3 comments:

Anonymous said...

Thanks to you Grace,ibu itu ada yg belain biar pada kapok tu orang2,gak seenak jidat kalo ngomong
Btw, gpp kan isi komen-komen di blog kamu :p
Cheers,
Mama Liam

gracie said...

hi Mama Liam,
welcome to my blog :)
boleh banget dong isi komen,
i am looking forward to it.
Btw, Liam is soo cute! Saya mau deh jadi anggota fans club-nya Liam.

Anonymous said...

wah Liam ge-er loh banyak yang nge-fans,boleh deh ntar didaftarin hehehe
kalo lagi anteng boleh cute,tapi kalo lagi ngambek,he'll become a little monster....hiiiiii....seyeemmmm hehehe